Info Bisnis Indonesia Headline Animator

Info Bisnis Indonesia

Info Bisnis Indonesia
submits you website Click In Here
" Distributor Pulsa Isi Ulang Tronik "
...Termurah & Terpercaya...

Kami
adalah mitra bisnis Authorized Dealer voucher elektrik sebagai distributor penjualan pulsa isi ulang / voucher elektrik GSM & CDMA termurah dengan sistem pengisian pulsa melalui teknologi sms sejak tahun 2006
  • Menyediakan Produk Voucher Elektronik dengan sistem satu deposit untuk pengisian multi operator (All Operator)
  • Transaksi langsung ke server (multi server) sehingga dapat dilakukan 24 jam non stop setiap hari secara realtime berbasis SMS Top Up, menggunakan engine otomatis


Mampukah Sehari Tanpa Nasi?


Kota Depok baru-baru ini menggulirkan gerakan sehari tanpa nasi dalam rangka menjaga ketahanan pangan nasional. Menurut Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail seperti dikutip Republika, "Kami tidak mengajak tidak makan nasi sepanjang hari, hanya satu hari saja dengan tujuan penganekaragaman pangan dan mengurangi konsumsi beras demi menjaga ketahanan pangan nasional."

Pemerintah Kota Depok mulai menerapkan program gerakan satu hari tanpa nasi dalam satu minggu, yaitu setiap Selasa, bagi pegawai negeri sipil setempat.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjelaskan lebih lanjut, tidak ada larangan soal makan nasi. Yang lebih penting adalah mengimbau agar unsur nasi diganti menjadi ubi, singkong, jagung, dan sebagainya. "Berlatihlah untuk mengurangi konsumsi nasi. Semua dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan kita," kata dia seperti dikutip Republika di Kota Depok.

Kritik sudah muncul akan imbauan ini. Salah satunya adalah, jika masyarakat diminta untuk tidak mengonsumsi nasi dalam sehari, apakah sudah tersedia cukup sumber karbohidrat lainnya di pasaran untuk mengganti nasi tersebut?

Di saat bersamaan, ajakan tersebut bisa mengirim sinyal yang tepat dari pihak pemerintah (meski masih di skala daerah), bahwa ada masalah dalam pemenuhan kebutuhan pangan kita yang sangat tergantung pada beras. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat membuka Jakarta Food Security Summit, 8 Februari lalu, menyatakan perlunya ada inovasi dari bidang usaha untuk menekan konsumsi beras.

Jumlah penduduk Indonesia yang terus bertambah otomatis akan meningkatkan permintaan akan pangan. Sementara, lahan-lahan pertanian terus tergerus dan berubah fungsinya.

Di atas semua itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah mentargetkan agar Indonesia bisa mengalami surplus produksi beras sebesar 10 juta ton pada 2014. Saat ini, surplus beras di Indonesia hanya 3,5 juta ton.

Ancaman perubahan iklim pun membuat musim tanam menjadi berubah, kemarau bisa jadi lebih panjang, musim hujan bisa jadi lebih dahsyat. Akibatnya, tanaman pangan pun terancam gagal panen. Hasil produksinya pun menjadi lebih sulit diprediksi. Harga-harga bahan pangan dunia pun terus naik. Tak heran jika dunia, bukan hanya Indonesia, terancam krisis pangan.

Dengan semua permasalahan itu, menurut Anda, tepatkah ajakan Pemerintah Kota Depok untuk mengurangi konsumsi nasi? Apakah gerakan ini patut menjadi sebuah gerakan nasional?

Jika Anda setuju, apa alasan Anda? Apa keberatan Anda jika gerakan sehari tanpa nasi ini menjadi gerakan nasional? Cara lain apa, menurut Anda, yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketahanan pangan di Indonesia?

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Reddit

0 Comments:

 

Info Bisnis Indonesia Copyright © 2009 Info Bisnis Indonesia is Designed by Iklan Baris Gratis - bisnis pulsa gratis